Ribuan Siswa dan Guru “SHALAHUDDIN” Sholat Idul Adha di Masjid SHALAHUDDIN

Malang – (11/8/2019) Sekitar 990 Warga Taman Pendidikan Shalahuddin memenuhi Masjid Shalahuddin , Mereka berbondong-bondong untuk melaksanakan salat Idul Adha 1440 H/2019 M di masjid yang yang mampu menampung Hampir 1000 jamaah ini.
Seperti pantauan tim smkshalahuddin2sch.id, sejumlah Pejabat Yayasan Shalahuddin , Pejabat Manajemen dari satuan pendidikan (SMP,SMK Shalahuddin, SMA Shalahuddin dan SMK SHALAHUDDIN 2 MALANG) juga Sholat Idul Adha di Masjid tersebut. Seperti Ketua Dewan Pembina YAPISHH (Prof. Dr. Ir. H. M. Bisri MS) yang sekaligus bertindak sebagai imam dan khatib, beserta jajaran pengurus,
Prof. Bisri menyampaikan khutbah dengan tema “Meneladani Kisah Nabi Ibrahim.”

Beliau menyampaikan bahwa berkurban merupakan perintah agama yang memiliki empat dimensi, yaitu yang pertama sebagai cerminan Keimanan, kedua cerminan bening dan bersihnya hati nurani, ketiga cerminan Kesabaran. Ketiga yakni aspek Ketaatan dan Kepatuhan sejati,
Jika kita bisa mengambil ibroh dari peristiwa itu maka Tidak ada pengorbanan yang sia-sia, Allah swt akan menggantikan dengan yang terbaik, dan tidak bisa kita ekspektasikan secara logika.

“Endingnya, pengurbanan di jalan Allah tentu saja sebagai investasi ukhrawi. Sebagaimana disebutkan dalam Hadits bahwa ibadah orang yang menyembelih binatang kurban sudah diterima Allah sebelum darahnya menetes ke tanah. Dan merupakan seutama-utama ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah,”

Usai melaksanakan Sholat, Id, para Jamaah diarahkan ke Ruang Ramah Tamah untuk Menyantap Hidangan Istimewa “ Sate Gule” dan menu pendamping yang lain, yang kemudian dilanjutkan acara Puncak Ceremony Penyembelihan Hewan Kurban di Lapangan Taman Pendidikan Shalahuddin.Ceremony penyembelihan Hewan Kurban ini juga tak kalah hikmat dan para siswa yang menyaksikan ‘seolah menyaksikan “Kaleodoskop” dan membayangkan sosok Ismail Muda ribuan Tahun yang silam, terlebih tatkala Gema Takbir yang diawali bacaan Basmalah dan pisau mulai di arahkan ke leher Hewan Kurban. Adalah pemandangan dan pengalaman pembelajaran yang sungguh mengesankan , bahkan ada salah satu siswa yang dengan tak sadar meneteskan Air Mata, hingga berlinang Air Mata, khusuk dan terhipnotic dibuatnya.

Dari data yang diperoleh dari panitia Qurban tahun ini, di Taman Shalahuddin Alhamdulillah, bisa menyembelih hewan kurban sbb ; (i) Sapi 6 Ekor dan (ii) Kambing 7 ekor, berasal dari Sumbangan Alumni, Regent Park Hotel, para siswa dan Guru, dari Yayasan sendiri, yang selanjutnya akan didistribusikann kepada tetangga kanan kiri sekitar Sekolah, dan para siswa yang membutuhkan. Tidak ada Pengorbanan yang Sia-Sia ( Iful: smkshadu)