MERIAHNYA UPACARA HUT ke-74 RI di TAMAN PENDIDIKAN SHALAHUDDIN

Malang,  Sabtu pagi, 17 Agustus 2019, Bertempat di Lapangan Taman Pendidikan Shalahuddin,  kembali Keluarga Besar Taman Pendidikan Shalahuddin, (SMP Shalahudin, SMK  Shalahuddin, SMA Shalahuddin dan SMK SHALAHUDDIN 2) Kepala SMK Shalahuddin, Samsudin, menjadi Pembina  Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia, di Taman Pendidikan Shalahuddin, Malang. Para Peserta Upacara  hadir dengan  pakaian khas Almamater masing-masing satuan Pendidikan,  begitu pun para guru dan karyawan  yang kali ini tampil dengan pakaian adat dari berbagai penjuru dari tanah air, menggambarkan ‘Miniatur kebinekaan Indonesia”, dalam bingkai kesatuan dan persatuan

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia yang digelar setiap tanggal 17 Agustus, beberapa tahun terakhir memang selalu menarik perhatian. Tak sekadar ritual upacara, tapi dikemas dengan nuansa yang berbeda dan menarik perhatian mata yang melihatnya.

Demikian pula dengan Pembina Upacara,  mengenakan pakaian adat. Jika sebelumnya Pembina Upacara  mengenakan Merah Putih, pada tahun 2018 lalu, kali ini  (Samsuddin) mengenakan pakaian Adat,

Pada upacara kemerdekaan kali ini, Pasukan Pengibar Bendera  (Paskibra) terdiri dari 17 siswa yang masih belia namun sangat gesit lincah dan rancak disetiap gerakannya,17  siswa tersebut adalah siswa SMP Shalahuddin,

Selain pengenaan warna-warni baju adat, perayaan 74 tahun Indonesia Merdeka yang mengusung tema ‘SDM Unggul Indonesia Maju, tema yang langsung dibreakdwon dari tema HUT RI secara Nasional.

Dalam kesempatan itu, Samsuddin Kepala SMK Shalahuddin bertindak sebagai Pembina Upacara menegaskan jika peringatan HUT RI adalah bukan milik Warga Sekolah saja, tetapi seluruh masyarakat. Untuk itu, dirinya mengingatkan agar kita sebagai warga masyarakat  dapat menginisiasi kegiatan yang meriah hingga di kampung-kampung kita masing-masing. Menurutnya, hal tersebut juga sebagai bentuk penghargaan generasi saat ini kepada para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia dulu.

“Peringatan ini jangan hanya dilakukan oleh kita sebagai warga sekolah  saja, tetapi juga dilakukan oleh masyarakat. Untuk itu, saya meminta para murid  agar dapat mendorong kemeriahan HUT RI yang ke-74 di kampungnya masing-masing  di tingkat RT/RW atau KELURAHAN,  kata samsuddin yang juga mengajar mata Pelajaran Agama dan Ke NU an/Aswaja.

Terkait tema HUT RI ke-74 kali ini, yaitu “Sumber Daya Manusia Unggul. Indonesia Maju”, Samsuddin  menegaskan jika tema tersebut harus dimaknai sebagai sebuah semangat Bersama, Semangat sebagai Warga Pembelajar sepanjang hayat, warga Literat. Masing-masing terus meningkatkan kualitas dirinya, sebagai siswa harus meningkatkan semangat belajarnya, tingkatkan prestasi Akademik dan non akademik, giatlah berorganisasi baik di OSIS, BDI, dll, sementara para Guru dan karyawan  terus dan terus tingkatkan dedikasi/loyalitas dan profesionalisme kita,“SDM TAMAN SHALAHUDDIN UNGGUL, TAMAN PENDIDIKAN SHALAHUDDIN MAJU ~ SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”

Kegiatan pembukaan HUT RI ke-74 di Taman Pendidikan Shalahuddin sendiri dilakukan dengan Aneka perlombangan, dan pertandingan Bola Plastik, dan Game yang lain.

Adapun rangkaian HUT RI ke-74 di Taman Shalahuddin  akan dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan. Program yang telah agendakan diantaranya : Doa Kebangsaan,  FUN Walk, Donor Darah, PENSI (iful smkshadu)